Mimpi Hari Ini Adalah Kenyataan Esok Hari---------------------. Kita Adalah Da'i Sebelum Menjadi Apapun------------. Jangan Pernah Lelah sampai Kelelahan Itu sendiri Kelelahan Mengejarmu----------------

Selasa, 08 Februari 2011

MAHASISWA IDEAL




oleh: Nuha RifQia
Ada beberapa macam tipe mahasiswa yang ada dapat kita saksikan di kampus, misalnya mahasiswa kupu-kupu, mahasiswa aktifis, mahasiswa 3K, dan lain-lain. Istilah mahasiswa ‘kupu-kupu’ sering disandangkan bagi mahasiswa yang kegiatan setiap harinya hanya kuliah-pulang-kuliah-pulang. Mahasiswa ini disebut juga dengan mahasiswa KPK alias mahasiswa yang rutinitasnya hanya kuliah-perpustakaan-kos.
Mahasiswa tipe ini lebih suka berfikir pragmatis dan study oriented. Mereka selalu berfikir bahwasanya dengan kuliah yang rajin, IPK tinggi, lulus cepat, akan memperoleh pekerjaan yang bagus dan prestasi yang cemerlang. Bagi mereka berorganisasi adalah suatu hal yang membuang-buang waktu. Kelebihan yang mereka miliki di banding dengan mahasiswa yang lain adalah rajin mengerjakan tugas, IPK selalu tinggi dan biasanya datang ke kampus paling awal. Namun, kekurangan mereka biasanya adalah kurang peka dengan keadaan sosial, kurang pengalaman, dan sulit memanajemen waktu yang dimiliki.
Istilah lainnya adalah 3K, yaitu Kos, Kantin, Kampus. Istilah-istilah seperti ini sering ditujukan bagi mahasiswa yang rutinitasnya hanya kuliah, tidur di kos, dan hobinya jalan-jalan ke mall, dan lain sebagainya. Mereka mayoritas berfikir bahwasanya masa kuliah adalah masa muda yang sangat asyik untuk bersenang-senang dan menikmati hidup. Kondisi ini didukung dengan keadaan kos atau kontrakan yang jauh dari orang tua, sehingga tampak tidak ada yang mengontrol kegiatan mereka sehari-hari. Mereka lebih bersifat hedonis dan biasanya merupakan mahasiswa golongan berada/ ‘borjuis’. Biasanya mereka bersifat royal, namun prestasi akademis mereka sering ‘pas-pasan’ dan ‘biasa-biasa aja’.
Istilah lainnya adalah mahasiswa aktifis. Mahasiswa tipe aktifis lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengurus organisasi. Bisanya mereka memiliki rasa sosial yang tinggi, memiliki kemampuan memanajemen waktu dan urusan-urusan, banyak relasi, bersikap supel dan pandai bergaul. Selain kelebihan, mereka juga memiliki kekurangan, yaitu kurang begitu peduli dengan akademisnya dan Indeks Prestasi (IPK) sering ‘NASAKOM’ alias ‘nasib satu koma(1,_)’ atau hanya cukup dua koma(2,_).
Lalu seperti apakah sosok mahasiswa yang ideal tersebut?
Kehidupan di kampus tidak hanya memiliki tujuan yang sesaat. Dunia kampus merupakan jembatan menuju kehidupan yang nyata di masyarakat. Begitu banyaknya permasalahan yang ada di masyarakat, membutuhkan peran kita sebagai ‘agent of change’ atau agen perubahan di masyarakat untuk menyelesaikan masalah-masalah  tersebut. Penyelesaian masalah di dalam masyarakat sangat membutuhkan beberapa keahlian yang dapat kita peroleh di dunia kampus.
Keahlian-keahlian yang dapat kita peroleh di kampus dapat berupa keahlian yang bersifat akademis dan kemampuan sosial. Kemampuan akademis dapat kita asah dan kembangkan berdasarkan disiplin ilmu yang kita peroleh di perkuliahan. Sedangkan kemampuan sosial dapat kita kembangkan melalui pengembangan diri di dalam organisasi. Tidak selamanya berorganisasi itu buruk, tetapi dengan berorganisasi kita dapat mengasah kemampuan kita dalam manajerial diri, manajerial organisasi, manajerial waktu, dan lain sebagainya. Kemampuan-kemampuan ini tidak dapat kita peroleh hanya dengan mengikuti perkuliahan.
Sosok mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang tetap memperhatikan segi akademisnya tanpa mengesampingkan aktifitas berorganisasi. Dua kemampuan ini setidaknya harus tetap dimiliki oleh mahasiswa tanpa fanatis pada salah satu segi kemampuan saja. Hal ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam hadis yang menyebutkan “khoirul umuuri awsathuhaa”, yaitu sebaik-baik perkara adalah pertengahannya atau sedang-sedang saja. So, would you like to be ideal student? ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

------------------------------------------------------------------------------------------------